MASIGNCLEAN101

Strategi untuk Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink adalah salah satu caraoptimasi SEO dengan memperoleh dukungan dari website atau blog orang lain. Mesin pencari, terutama google sangat menyukai hal ini.Karena website atau blog dirasa memiliki tingkat popularitas yang tinggi.

Semakin banyakbacklink yang anda peroleh, semakin baik pula hasil atau traffic yang akan didapat.Backlink yang baik adalah yang berasal dari website atau blog yang memiliki peringkat Google (Page Rank) yang tinggi.Pengertian BacklinkBacklink adalah link atau alamat website (blog) Sobat yang terletak pada website (blog) orang lain.


Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas dari sebuah halaman website atau blog.semakin banyak jumlah backlink semakin tinggi pula dalam pencarian dalam search engine.Backlink mempunyai 3 (tiga) jenis cara, yaitu One Way Backlink, Two Way Backlinkdan Three Way Backlink:

One Way Backlink

Adalah jika Sobat menaruh link url blog Sobat di website atau blog orang lain, sementara website/blog orang lain tersebut tidak mewajibkan Sobat untuk memasang kembali url link situs-nya pada halaman blog Sobat (cara ini sangat disukai oleh mesin pencari seperti Om Google).

Two Way Backlink

Mengacu pada sebuah sistem dimana kedua belah pihak memperoleh link dari situs masing-masing. Biasanya disebut juga saling tukar link (Link Exchange).

Three Way Backlink

Trick ini biasanya dilakukan oleh situs khusus yang akan melakukan submit situs Anda  kepada situs-situs (website/blog) pihak ke tiga. Dengan syarat Anda harus menempatkan link url alamat situs (website/blog) orang lain pada blog Sobat terlebih dahulu. SEO dengan kekuatan domain.

Salah satu teknik SEO yang dapat cukup diandalkan adalah dengan bermain-main bersama domain name.

Mungkin hal ini tidaklah aneh bagi SEO master, namun mungkin bagi yang belum tahu dapat sedikit menambah wawasan mengenai SEO.

Perlu diketahui terdapat beberapa top level domain yang beredar saat ini yaitu .com, .net, .org, .co.id (Indonesia) dan ada pula .co.singkatan_negara_yang_lainnya seperti .co.jp ; .co.in (India), .cm, .us, .info, .org, dan TLD yang lainnya.Bahkan sekarang udah ada.mobi (Sepertinya untuk web site mobile).

Ini bukanlah rumor lagi mengenai SEO dengan kekuatan domain, bahwa Top Level Domain(TLD) mempunyai kekuatan SEO.

Mengapa?

Karena mesin bot crawling milik Google tidak dapat melihat hanya membaca, nah nama domain kan juga berupa tulisan, jadi tentu saja menjadi salah satu penilaian dari bot tersebut. Caranya ,tinggal menyelipkan kata kunci/keyword ke nama domain. Berikut contoh praktek nyatanya.Kata kunci yang banyak dicari "mp3 indonesia gratis", maklum Indonesia gitu loh (Kan senang yang gratisan).Hehe.

Lihatlah nama domain di 3 besar pertama. Semua nama domain mengandung kata kunci, gudanglagu.com dengan "lagu" (Yang satu ini menang di backlinknya jadi nama domain tidak terlalu berpengaruh), yang kedua dan ketiga terlihat jelas efek dari nama domain yaitu kata "mp3" dan "mp3gratis".

Kesimpulannya : Terbukti bahwa nama domain mempunyai kekuatan SEO, namun tidak selamanya! Terlihat “www.gudanglagu.com” yang menguasai kata kunci "mp3 indonesia gratis" padahal di nama domainnya tidak terlihat adanya keyword yang nyantol sama sekali.

Sekian informasi SEO kali ini, semoga bermanfaat.Mendapatkan Back Link Berkwalitas Melalui TrackbacksTrackbacks merupakan  satu metode untuk mendapatkan linkback, yang memungkinkan pemilik blog mendapatkan notifikasi jika ada blog orang lain yang ingin nge-link ke salah satu artikel atau file halaman situs mereka,dapat dikatakan juga sebuah mekanisme untuk memberitahukan blogger lain jika anda melakukan pengutipan dari blog mereka. Tentunya, hal ini akan memudahkan pemilik blog untuk mengetahui siapa saja yang ingin nge-link ke blog mereka.Berikut adalah cara kerja dari trackbacks :

  1. Pemilik blog A membaca postingan milik blog B.
  2. Blog A kemudian menulis postingan di blognya yang memuat komentarnya tentang postingan blog B dan memasukan link trackback blog B ke dalam trackbacks blognya yang ada di bagian post editor.
  3. Saat Blog A mempublish postingan yang memuat komentar tersebut, maka blog A akan masuk ke trackbacks blog B. Tepatnya, saat blog A klik publish, maka secara otomatis, blog A sudah nge-ping ke blog B.
  4.  Jika blog B approve hasil postingan blog A maka hasil postingan blog A akan muncul di kolom "comment" blog B.Bagaimana Melakukan Trackbacks?Trackbacks hanya bisa dilakukan melalui blog, di mana blog yang digunakan harus memilki layanan trackbacks,misalnya: Wordpress.Jika kita ingin melakukan trackbacks, terlebih dahulu kita perlu mencari blog yang menempatkan atau memiliki trackbacks di blog mereka.Caranya, ketikkan kata kunci yang sesuai dengan topik atau isi situs kita melalui Search Engine Google.

Misalnya saja, keyword utama situs kita adalah seputar "affiliate marketing", maka kita ketikkan "affiliate marketing trackbacks" di Search Engine Google.Pilih salah satu halaman blog sebagai referensi untuk melakukan trackbacks. Pemilihan bisa dilakukan atas pertimbangan page rank dari blog tersebut (usahakan minimal memiliki page rank 3). Kenapa?karena page rank blog anda juga akan ikut naik sebanding dengan page rank tersebut.Terlihat, link trackbacks berupa hyperlink yang terletak di bagian akhir postingan artikel.

Untuk mulai meng-copy link tersebut, klik kanan › copy link location. Sebagai informasi, penempatan dan bentuk link trackbacks di setiap blog itu beragam. Tidak harus terletak di bagian akhir postingan, terkadang link trackback bisa muncul setelah judul artikel dan sebelum konten artikel tersebut.Semua tergantung penempatan yang dilakukan oleh pemilik blog. Untuk teks link biasa, maka cukup copy paste secara manual.Related Post:

Share This :
Top~