MASIGNCLEAN101

2 Cara Paling Efektif Menulis Artikel yang Enak Dibaca

Sebagai seorang blogger kita dituntut untuk menyajikan konten berkualitas bagi pembaca.

Membuat artikel yang enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca membutuhkan informasi dan data untuk diolah dalam bentuk tulisan.Tanpa adanya informasi dan data yang lengkap, membuat kita sering terjebak pada tulisan yang isinya hanya ada 2 kemungkinan :Tulisan yang panjang, bertele-tele, dan kliseTulisan singkat tanpa informasi yang jelas

2 Cara Paling Efektif Menulis Artikel yang Enak Dibaca

Dua jenis tulisan itu ujung-ujungnya sama, membuat pembaca bosan dan akhirnya meninggalkan artikel kita.

Dulu, waktu sekolah SMA pelajaran Bahasa Indonesia, guru saya pernah memberikan materi tentang cara-cara mencari sumber berita, salah satunya mengenai wawancara dengan narasumber, beliau mengatakan :

“Catat semua hal, apapun yang ada di sekitar kita, bahkan yang paling remeh sekalipun; foto di dinding, gerakan tangan, semuanya. Karena hal itu akan berguna saat menulis nanti.”

Selain itu, dalam pelajaran Bahasa Indonesia dulu kita juga pernah dijelaskan tentang dasar-dasar menulis yang baik dengan formula 5W1H.

Anda pasti pernah dengan bukan ?1. 5W1H

Ya, formula 5W1H (what, who, when, where, why, how) merupakan rumus dasar dalam penulisan yang sangat membantu kita melengkapi informasi dasar terkait materi yang kita tulis.Cara penerapannya cukup mudah, anda tinggal lengkapi keterangan :

  1. Apa (what) 
  2. Siapa (who)
  3. Kapan (when)
  4. Dimana (where)
  5. Mengapa (why) 
  6. Bagaimana (how)

Contoh:

Sarapan pagi itu disediakan Ibu sejak pukul 6 pagi tadi di ruang makan, karena anak-anak mau berangkat sekolah. Ibu tidak ingin anak-anak telat, maka dari itu ibu memasak sejak habis shalat subuh tadi, lalu memastikan masakan selesai setidaknya satu jam sebelum dihidangkan.Formula

Keterangan

  • Apa  :sarapan pagi yang tersedia
  • Siapa  :Ibu
  • Kapan :Pukul 6 pagi
  • Dimana :Di ruang makan
  • Mengapa :anak-anak masuk berangkat sekolah
  • Bagaimana : Memasak sejak habis shalat subuh, memastikannya selesai satu jam sebelum dihidangkan.2. Deskripsikan obyek/subyek

Sebagai pelengkap dalam bumbu tulisan, anda bisa mengganti kata sifat dengan keterangan yang lebih detail. Trik ini sering dijumpai dalam berbagai penulisan populer seperti novel maupun majalah.

Contoh 1:

Pertandingan sepakbola itu ramai sekali.

Menjadi:

Pertandingan sepakbola antara Timnas Indonesia dan Malaysia di Gelora Bung Karno Jakarta,
berlangsung menarik dengan disaksikan kurang lebih 80 ribu suporter. Konser Slank di Parkir Timur Senayan, Jakarta itu dihadiri lebih dari 50 ribu penonton. Harga tiket yang murah hanya seharga Rp50.000 dan ludes 1 jam sebelum pertandingan, membuat suporter berdesakan dan mengakibatkan 12 orang pingsan di tengah kerumunan suporter yang meneriakkan yel-yel.

Contoh 2:

Saiful adalah seorang siswa miskin.

Menjadi:

Saiful, siswa kelas 6 SD yang tinggal bersama kedua orangtuanya dan adik semata wayangnya di gubuk beratap daun kelapa. Tiap hari tanpa sarapan, ia harus berjalan tanpa alas kaki sejauh 5 kilometer untuk sampai ke sekolahnya.

Selalu mengingat formula dan trik ini bisa membuat kita terpancing untuk melengkapi informasi tulisan kita yang kurang lengkap.

Dan hasilnya, tulisan andapun disamping lebih kaya kata juga terasa lebih kaya dengan data dan infromasi. Demikian sedikit panduan cara menulis artikel yang enak dibaca agar pembaca anda semakin setia dan menanti-nanti tulisan terbaru anda. Semoga bermanfaat dan Happy blogging.

Share This :
Top~